Sabtu, 06 Oktober 2012

Ekonomi


1.     Kebutuhan Anda sebagai siswa!
2.     Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
3.     Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini!
4.     Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasannya!

Jawaban:

1.     Kebutuhan saya sebagai seorang siswa yang pasti adalah buku (buku paket dan buku tulis), alat untuk menulis, yang paling penting itu. Tetapi masih ada beberapa kebutuhan lainnya seperti tas sekolah, sepatu dan seragam.
2.     Menggunakan skala prioritas, memilih mana yang sangat penting dan mana yang tidak terlalu penting.
3.     Seketika saya sedang pergi kesebuah toko buku, saya melihat – lihat beberapa buku dan saya ingin membelinya, tetapi saya bingungingin membeli yang mana, yang harganya Rp. 55.000 atau Rp. 50.000. Saya ingin membeli keduanya tetapi uang yang saya bawa tidak mencukupi untuk membeli keduanya, akhirnya saya pun memilih yang harganya Rp. 55.000. Berarti biaya peluang saya adalah Rp. 50.000.
4.     Menurut saya lebih baik mengikuti sistem ekonomi campuran. Supaya warga atau masyarakat Indonesia bisa lebih inisiatif atau kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar